Program Sekolah

KurikulumSMP Negeri 19 Bandung

MANTAP BERAKHLAK, MANTAP BERTINDAK

Kurikulum

Tahun Ajaran 2020/2021

advanced divider

Tujuan Satu

Terciptanya budaya sekolah yang Religius melalui pelaksanaan keagamaan.

Tujuan Dua

Terciptanya kesadaran dan kemandirian warga sekolah.

Tujuan Tiga

Meningkatkan prestasi peserta didik akademik dan non akademik.

Tujuan Empat

Terciptanya sekolah yang berwawasan lingkungan.

SMPN 19 BANDUNG

Program Kerja Kurikulum

Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan pengorganisasian kompetensi inti, matapelajaran, beban belajar, kompetensi dasar, dan muatan pembelajaran pada setiap Sekolah Menengah Pertama/Sekolah Tsanawiyah . Kompetensi inti dirancang seiring dengan meningkatnya usia peserta didik pada kelas tertentu. Melalui kompetensi inti, integrasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada kelas yang berbeda dapat dijaga.

Struktur Kurikulum yang dikembangkan di SMP Negeri 19 mengacu pada Permendikbud RI Nomor 35 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 tetang Kurikulum 2013 SMP/MTs dan Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Kurikulum tingkat satuan pendidikan dikembangkan dengan karakteristik sebagai berikut :

  • Mengembangkan keseimbangan antara sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, dan keterampilan, serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat.
  • Menempatkan sekolah sebagai bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar agar peserta didik mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar.
  • Memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  • Mengembangkan kompetensi yang dinyatakan dalam bentuk kompetensi inti kelas yang dirinci lebih lanjut dalam kompetensi dasar mata pelajaran.
  • Mengembangkan kompetensi inti kelas menjadi unsur pengorganisasi (organizing elements) kompetensi dasar. Semua kompetensi dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang dinyatakan dalam kompetensi inti.
  • Mengembangkan kompetensi dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran dan jenjang pendidikan (organisasi horizontal dan vertikal).

Kriteria Kenaikan Kelas

  1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran dalam dua semester pada tahun pelajaran yang diikuti.
  2. Deskripsi sikap sekurang-kurangnya BAIK sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.
  3. Nilai ekstrakurikuler Pendidikan Kepramukaan minimal BAIK.
  4. Tidak memiliki LEBIH DARI dua mata pelajaran yang masing-masing nilai kompetensi pengetahuan dan/atau kompetensi keterampilan dibawah KBM. Nilai mata pelajaran dihitung dari rerata nilai semester ganjil dan genap pada tahun pelajaran yang diikuti.
  5. Persentase ketidakhadiran siswa tanpa keterangan maksimal 10 persen.

Kriteria Kelulusan

  1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
  2. Deskripsi sikap sekurang-kurangnya BAIK sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.
  3. Memperoleh nilai minimal BAIK pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan.
  4. Lulus Ujian Sekolah madrasah.

SMP NEGERI 19 BANDUNG

SMP Negeri (SMPN) 19 Bandung, merupakan salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri yang ada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Contact

SMPN 19 BDG